Tuesday, May 02, 2006

Tebak-tebakan

Tebak-tebakan sebetulnya berguna untuk mengasah logika. Dengan terbolak-baliknya logika itulah kita jadi berkrenyit dahi untuk menebaknya. Menebak secara tepat sebuah tebakan dapat menimbulkan kepuasan tersendiri, apalagi jika belum tahu jawaban sebelumnya. Tapi itu tidak mudah. Dan lebih tidak mudah lagi menciptakan tebak-tebakan sendiri. Butuh imajinasi dan logika yang tidak ‘main-main’ dan kreatifitas yang tinggi.Bagi mereka yang sanggup menciptakan tebak-tebakan secara orisinil -bukan sekedar menceritakan ulang- biasanya mereka punya intelegensia dan kreatifitas di atas rata-rata.

Menjadi presenter tebak-tebakan pun tidak gampang, karena seringkali apa yang kita bikin tebakan mudah ditebak, karena si penebak sudah tahu jawabannya lebih dahulu. Tetapi bagi mereka yang bisa ngasih tebakan yang bikin penasaran karena sulit ditebak bakal mendapatkan kepuasan tersendiri saat memberikan jawaban. Puas telah membuat penasaran dan seolah-olah menjadi bukti bahwa ia lebih tahu (lebih pinter) dari yang ditanya. Lepas dari siapa yang lebih tahu yang jelas tebak-tebakan bisa digunakan sebagai cara untuk menghidupkan suasana dalam pergaulan. Bisa dijadikan teman ngobrol yang mengasikkan meskipun tidak ada kacang atau camilan lain. Dan membuat suasana lebih fun tanpa keluar uang.

Berikut ini koleksi pertanyaan atau tebak-tebakan terbaik hasil koleksi saya selama bertahun-tahun (tepatnya 75 pertanyaan tapi intuk awalnya ada 19 tebakan dulu). Beberapa diantaranya ada yang serius tetapi ada juga yang asal-asalan, ada yang klasik tetapi ada juga yang kontemporer, tetapi tidak ada jawaban sulit sampai harus pakai kertas untuk berhitung (tunggu edisi berikut untuk tebak-tebakan lainnya). Bagi mereka yang bisa menebak tanpa tahu jawaban sebelumnya berarti benar-benar jago (jagoan nebak). Bagi yang kesulitan nebak dan tertarik dengan jawaban yang benar dapat menghubungi saya, dijamin rasa penasaran anda akan terobati. Selamat menebak!

Tebak-tebakan Pakai Logika: (19 pertanyaan)

1. Benda apa yang punya badan tidak punya kaki, punya lengan tidak punya tangan dan punya leher tapi tidak punya kepala?

2. Kenapa sepeda motor memotong melintang saat melewati rel kereta yang melintang miring di jalan?

3. Ada tiga burung gereja hinggap di atas atap gereja. Datang seorang seorang polisi menembak gereja itu. Kena satu! Tinggal berapakah gerejanya?

4. Benda apa yang warnanya bisa macam-macam, ada yang merah, hijau, biru atau kuning, tapi kalau dipakai warnanya jadi putih?

5. Ada lima ekor merpati hinggap diatas atap. Datang seorang pemburu kemudian menembaknya. Kena satu, terus jatuh di tanah, tinggal berapakah burung yang tersisa di atap?

6. Di Jepang ada kereta api listrik yang bernama Shinkazen. Sewaktu melintas dari Tokyo ke Kyoto kereta itu berjalan dengan kecepatan 100 km/jam. Kereta itu melintasi rel yang lurus dimana kota Kyoto terletak disebelah utara Tokyo. Jika angin bertiup dari barat ke timur dengan kecepatan 50 km/jam kearah manakah asap kereta itu mengepul?

7. Bagaimana cara seorang istri dalam sehari mampu menghentikan kebiasaan suami yang merokok agar bisa berhenti merokok selamanya?

8. Tidak punya tangan dan tidak punya kaki, tapi jika dipegang bisa meloncat. Benda apakah itu?

9. Benda apakah yang bisa dibeli sekarang atau minggu depan atau kemarin atau bulan depan tetapi habisnya selalu bersama-sama.

10. Becak dikejar mobil kijang dari Solo ke Kartosuro, lebih dulu yang mana? Terus, mobil kijang dengan vespa buntut balapan dari Solo ke Kartosuro mana yang lebih dulu?

11. Apa yang jika ditutup malah kelihatan, jika dibuka malah tidak kelihatan?

12. Benda apa yang jika dipotong malah tambah panjang?

13. Mengapa orang membidik pakai senapan matanya ditutup satu?

14. Apa yang dipotong malah tambah tinggi?

15. Mengapa burung bangau kalau tidur kakinya diangkat satu?

16. Apa yang jika ditutup malah jelas kelihatan dan jika dibuka malah tidak jelas?

17. Kalau lubangnya kecil bisa keluar, tapi kalau lubangnya besar malah tidak bisa keluar. Apakah itu?

18. Apa yang jika dimasukkan malah keluar?

19. Apa yang jika ingat tidak terbawa tetapi jika lupa malah terbawa?

Nb. Bagi yang pingin tahu jawaban atau mau berbagi tebakan dapat melayangkan email ke arishanafi@yahoo.com. Let's having fun!

Tengok sambungannya di Tebak-Tebakan (2)

4 comments:

Anonymous said...

Jawaban no 8: Sabun mandi! =))

Anonymous said...

jawaban no 3 pasti tinggal burungnya ya kan.heheheh

Firman Jay said...

Jawaban No, 7
bunuh aja suaminya

Anonymous said...

Jawaban no 9 = kalender :)