Wednesday, May 03, 2006

Manual Home Aris Hanafi Web

ArtImage by ArisCatatanku sbg seorang blogger belajaran

Bagiku blog adalah personal diary di dunia maya. Jadi kumanfaatkan untuk membuat personal diary atau catatan harian pribadi. Sejak diluncurkan blog kira-kira lima tahun lalu memang mempunyai dampak signifikan terhadap dunia jurnalistik dunia maya. Blog memungkinkan jutaan orang punya suara dan terkoneksi dengan lainnya. Ini kemudian kumanfaatkan selain untuk alasan melatih diri menulis diary juga bisa mengaktualisasi diri di dunia maya sembari menebarkan hikmah lewat untaian kalimat dakwah.

Begitu banyak orang telah menampakkan diri di dunia maya dengan beragam tampilan. Sesuai karakter pribadi masing-masing. Blog membuat para bloger menuangkan gagasan pribadi. Bisa juga menjadi pengorganisasi gagasan. Ada juga yang membuatnya untuk menyimpan link penting pribadi. Yang penting blog memungkinkan pula penyebaran berita dengan kacamata pribadi yang dapat dibaca orang sedunia.

Untuk itulah pada home page description kutuliskan:
Assalaamu'alaikum. Ini homepage belajaran. Upaya mengaktualisasi diri di dunia maya. Sederhana isinya. Jangan diprotes tapi boleh dikomentari. Apalagi kekurangan ada di sana sini khas garapan sambilan. Semoga bermanfaat.


Menariknya blogspot adalah kesederhanaan prosedurnya. Cukup simple sehingga hampir setiap orang cepat belajar menggunakannya. Membuat blog pribadi gratis dan hanya butuh lima menit. Tiga langkah membuat arishanafi.blogspot.com di www.bloger.com:
• Mendaftar account arishanafi kemudian diberi password dan data diri
• Memberi nama blog Home Aris Hanafi Web
• Pilih template hitam simple
• Posting isi

Ada beberapa fasilitas pendukung yang memudahkan bloger mengorganisasi isi. Yang terutama pengurutan otomatis posting dan pengelompokan archive per bulan. Kemudian adanya fasilitas untuk mendapatkan balasan dari pengunjung blog.

Isi dari blogku menjadi seperti ini:

Halaman depan
http://arishanafi.blogspot.com

Previous Posts
http://arishanafi.blogspot.com/2006/05/tebak-tebakan.html
http://arishanafi.blogspot.com/2006/05/anak-aceh-yg-terdampar-di-assalaam.html
http://arishanafi.blogspot.com/2006/05/halal-haram-makanan-kita-1.html
http://arishanafi.blogspot.com/2006/04/aku-melawan-virus.html
dst... 10 posting terakhir

Archives Sudah setahun :)
May 2005
July 2005
November 2005
March 2006
April 2006
May 2006

Counter
Sampai Mei 2006 sudah lebih dari 175 hit, walau kebanyakan hit karena aku sendiri. Buat belajar ngedit aku mesti bolak-balik membuka blog :)
Address www.easy-hit-counters.com

Link
PPMI Assalaam dengan address www.assalaam.or.id
MyQuran.com dengan address www.myquran.com
Dudung.net dengan address www.dudung.net
Google News dengan address www.news.google.com


Aku masih berharap bisa meningkatkan kemampuanku ngeblog yang masih tergolong primitif. Aku sendiri tidak berhasil menggambari blogku kecuali setelah April 2006. Padahal sejak kubuat Mei 2005 aku sudah kepingin bisa menampilkan gambar atau foto.
Siapa saja yang bisa kasih tips dan saran tolong deh bantuin aku. Biar blogku tambah cakep. Sukron.

No comments: