Tuesday, April 25, 2006

Alif yang super aktif


  
Solo Book Fair April 2006

Pada pameran buku yang diadakan di Diamon Convention Hall kali ini benar-benar menguras energi emosionalku. Aku tidak terlalu berharap bisa menikmati pameran karena kuajak istri dan dua anakku. Tapi pameran yang berlokasi ditempat yang megah itu kali ini tidak mampu membuatku puas. Betapa tidak, anakku Alif begitu aktif dan ‘nakal’. Kalau meminjam iklan rinso, Alif memang super aktif. Itu sangat menganggu. Lari kesana kemari dengan wajah ceria sungguh menyenangkan. Tetapi ditengah jajaran pajangan buku yang teratur rapi, ia jadi monster cilik pengobrak-abrik buku.

Saat kemudian kucoba menangkap tangan, melerai dan menghentikan aksinya, Alifku tidak pernah menyerah. Mberot. Energinya terus saja membuncah untuk terus meronta dan terus menjelajah dan mengganggu buku pajangan. Tangannya yang selalu terjulur kalau melihat pajangan yang menarik. Tampangnya yang inosen dan imut bikin semua pandangan memperhatikannya. Berkali-kali aku harus memunguti buku yang berceceran dan meminta maaf pada penjaga stan. Tapi Alif tampak begitu menikmati dan tak ada guratan rasa bersalah di wajahnya.

Saat melewati stan buku berbahasa Inggris, perhatianku tersedot. Buku-bukunya berbandrol selangit. Satu buku tebal hard cover yang kuraih berlabel 300ribu. Ada banyak buku referensi hebat. Ada soal matematika olimpiade, ada buku marketing internasional, ada pengolahan image, ada dechiper dan craker encripted data, ada buku tentang perguruan tinggi rekomendasi dari universitas Amerika sana. Yang menarik lagi ada buku berjudul The Sword of Muhammad. Buku ini ditulis oleh orang amerika setelah peristiwa 11 September yang berisi pandangan bagaimana pengaruh Nabi Muhammad dalam menginspirasi umat islam dalam hal jihad dari dulu sampai sekarang. Sayang Alif yang ikut malah menemukan steker listrik nganggur yang menggoda untuk dibuat mainan. Wah aku jadi kalut jika Alif sudah mulai main listrik.

Sebenarnya aku ingin mencari buku Seni Mengukir Kata, buku loak bermutu dan buku referensi tentang perencanaan. Buku Seni Mengukir Kata sudah aku baca resensinya. Menarik karna ada tips untuk mereka yang ingin membuat skripsi atau thesis dengan pendekatan yang lebih fun. Untuk buku loak dulu pada Islamic Book Fair aku pernah beli bukunya Jack Trout yang harganya cuma 15 ribu. Kalau harga asli di Gramedia mungkin sampai 35 ribuan. Buku loak MegaTrendnya Naisbitt yang asli bahasa Inggris juga Cuma 20 ribu. Padahal tebel dan kalau lihat harga aslinya bisa 40 dolar. Buku seperti ini jadi target prioritas sesuai kantong tipisku.

Sayang semua buku yang kucari belum sempat kudapatkan. Hanya dua buku yang benar-benar kutargetkan terbeli. Buku 204 Praktikum Menakjubkan buat referensi Triple I dan buku Pengembangan Kurikulum buat referensi Litbang. Satu lagi buku kamus bahasa arab bergambar kubeli sebab buku yang sama milikku lama kucar-cari tidak ketemu. Hanya saja kali ini bukunya beda dan agak murah karena versinya tidak berwarna. Sedangkan buku tentang perencanaan ada sebuah paket berisi tiga buku. Bukunya keren dan cukup tebal dengan harga sekitar 200 ribuan. Melihat harganya aku jelas mikir-mikir dulu. Akhirnya istriku beliin Alif dua buku Franklin. Koleksi buku Franklin Alif jadi tiga buah. Saat kemudian istriku membisikan kata, “Alif mau pipis ya?” Aku langsung sigap menggendong Alif ke kamar kecil. Aku baru sadar kalau sejak masuk ruang pameran berAC dingin harusnya segera bawa Alif ke kamar kecil. Kalau sambil menahan pipis maka yang terjadi Alif jadi super aktif sebagai konpensasinya. Afwan ya Lif, Abi kurang perhatian. Terlalu memperhatikan pajangan buku-buku yang menggoda jadi lupa.

No comments: